Connect with us

Brigif Raider 9

Yonif Raider 509 Kostrad Bersama Polres Jember Gelar Simulasi Sispamkota

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Yonif Raider 509 Kostrad bersama Polres Jember menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai wujud kesiapan kepolisian dan TNI dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas pada pelaksanaan pesta Demokrasi Pemilu 2019  di Alun-alun Kota Jember, Jum’at (22/3).

Kegiatan Sispamkota ini melibatkan TNI-Polri dan instansi terkait lainnya, dilakukan sebagai persiapan dalam pengamanan Pemilu 2019, di wilayah Kab. Jember.

Danyonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wirra Muharromah menjelaskan dengan dilakukan simulasi tersebut, maka pihaknya dan instansi terkait lainnya, dapat mengerti dan bisa menyiapkan langkah-langkah antisipasi terkait pengamanan pada setiap tahapan-tahapan Pemilu 2019 mendatang.

“Dalam simulasi ini, juga kami melakukan inventarisir segala kemungkinan yang terjadi hingga pada hal yang tidak diinginkan sekalipun. Sehingga bisa dilakukan antisipasi agar semua tahapan Pemilu 2019 bisa berjalan dengan aman, lancar, damai dan sukses,” ungkapnya.

Selain menerjunkan ratusan anggota gabungan, sejumlah peralatan pendukung juga disiagakan seperti Mobil Baracuda, Unit Satwa K-9, Tim Jihandak dan pasukan anti huru hara. Terlihat juga satu kompi pengendalian massa (Dalmas) Sabhara bersiaga dengan pakaian lengkap untuk mengantisipasi huru-hara dan mobil Water Canon.

Dalam kegiatan Simulasi Sispamkota ini berbagai simulasi pengamanan tahap-tahapan Pilkada diperagakan. Seperti halnya pendistribusian logistik Pemilu yang disimulasikan sempat mendapat gangguan dan ancaman orang tak dikenal. “Dengan terkoordinasi, cekatan dan sigap dalam sekejap berbagai kekacauan yang terjadi bisa diatasi dengan baik oleh tim pengamanan”, kata Danyonif.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending