Connect with us

Brigif Mekanis Raider 6

Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Gelar Penyuluhan Dan Sosialisasi P4GN

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Seluruh anggota Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad menerima sosialisasi dan penyuluhan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di GOR Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad, Sukoharjo. Senin (18/3).

Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada prajurit Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad tentang dampak negatif Narkoba, sehingga diharapkan para prajurit mendapatkan gambaran dalam upaya mencegah diri dan keluarga dari pengaruh bahaya Narkoba.

Dalam sambutannya, Pasi Intel Kapten Inf Senopati yang mewakili Danyonif Mekanis Raider 413 Kostrad menyampaikan bahwa untuk menanggulangi bahaya Narkoba, diperlukan kebijakan atau sosialisasi tentang bahaya Narkoba yang komprehensif, multi disiplin, terkoordinasi, terpadu, konsisten, tepat waktu, berkelanjutan, dan keterkaitan.

Sementara itu, Dokter Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad dr.Agung Andrew Richad S sebagai pembicara mengungkapkan, bahwa Indonesia saat ini sudah dikategorikan Darurat Narkoba, baik sebagai pengguna maupun jadi bagian dari jaringan Narkoba. Begitu besarnya kerugian akibat dampak yang ditimbulkan akibat pengguna narkoba bagi generasi Indonesia, sehingga pemerintah saat ini berkomitmen tidak memberikan pengampunan bagi pelaku yang sudah tertangkap.

Pada penyuluhan tersebut juga disampaikan beberapa gejala dini pengguna narkoba yaitu susah untuk diajak bicara, suka menyendiri, sulit untuk terlibat dalam aktifitas, sering tidak menepati waktu, sering mudah tersinggung, suka kelihatan minder (malu-malu), selalu nampak tidak tenang, selalu curiga tanpa alasan.

Faktor penyebab penyalahgunaan narkoba yaitu tipisnya iman dan taqwa seseorang, angka pengangguran yang tinggi, keluarga yang tidak harmonis, pergaulan, dipaksa orang lain, coba-coba, menghindari persoalan hidup dan digunakan untuk berbuat kriminal.

Berbagai upaya untuk mencegah beredarnya Narkoba di Indonesia telah dilakukan, diantaranya dengan pemberantasan jalur suplai dan rehabilitasi bagi pengguna Narkoba. Namun tidak cukup itu saja, oleh karena itu dibutuhkan kerja sama yang baik seluruh komponen dan instansi, seperti TNI, untuk mewujudkan hal tersebut.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending