Connect with us

Divif 2 Kostrad

Brigif Mekanis Raider 6

Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro Tanggap Bencana Alam Puting Beliung Sukoharjo

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Bergerak cepat anggota Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad melaksanakan kerja bakti untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam akibat diterjang angin puting beliung di Desa Puron, Kecamatan Bulu, Kab. Sukoharjo. Jum’at (25/01).

Dengan terjadinya bencana tersebut, Danyonif Mekanis Raider 413 Kostrad Mayor Inf Fikky Nur Kuncoro Jati, menerjunkan 1 SST (Satuan Setingkat Kompi) dengan kekuatan sebanyak 33 personel guna membantu dampak bencana alam puting beliung, seperti pembenahan atap rumah masyarakat, pembersihan jalan dari pohon tumbang, dan pembersihan sisa-sisia puing bangunan.

Puluhan pohon dan bangunan masyarakat porak-poranda tersapu oleh angin disertai dengan hujan lebat. Kencangnya angin ini hingga membuat pasar Ir. Soekarno yang ada di pusat kota Sukoharjo sebagian atapnya berterbangan, di bagian selatan bangunan terlihat atapnya mulai hilang.

Kondisi tersebut membuat hiruk-pikuk masyarakat sekitar, bahkan sempat terjadi kemacetan di jalan, selain itu juga listrik tiba-tiba meledak dan padam. Sehingga mengakibatkan banyak orang yang berlarian menyelamatkan diri.

Sedikitnya ada 13 bangunan rusak dan banyak pohon tumbang akibat terjangan angin puting beliung di Sukoharjo, peristiwa tersebut terjadi di pusat kota Sukoharjo pada Kamis sore tanggal 24 Januari 2019. Akan tetapi Belum diketahui secara pasti kerugian material akibat puluhan rumah yang rusak diterjang angin puting beliung. Namun, sejumlah pihak memperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Beruntung, angin yang mengamuk kamis sore tersebut tidak menyebabkan korban jiwa.

“Bencana angin puting beliung yang terjadi kemarin sore merupakan musibah yang tidak bisa dihindari lagi. Banyak pepohonan yang tumbang dan rumah yang atapnya rusak serta genteng berjatuhan. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama dari anggota Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro yang sudah membantu masyarakat dengan bergotong royong,” kata Kepala Desa setempat, Bapak Wahyu.

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending