Connect with us

Menarmed 1

Yonarmed 1 Kostrad Manfaatkan Lahan Kosong Dengan Budidaya Tanaman Jeruk dan Durian

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Memanfaatkan lahan kosong untuk pembudidayaan tanaman merupakan pilihan yang sangat tepat dalam meningkatkan kesejahteraan dan mendapatkan edukasi tentang dunia Agribisnis. Hal tersebut dimanfaatkan oleh prajurit Yonarmed 1 Kostrad dengan membuat dan mengembangkan budidaya tanaman jeruk dan durian melalui media lahan kosong di Yonarmed 1 Kostrad, Singosari, Malang. Sabtu (25/5).

Yonarmed 1 Kostrad menjalin kerja sama dengan BALIJESTRO (Badan Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika) Kota Batu dalam mengembangkan 3 jenis tanaman jeruk Siam Banjar, jeruk Keprok Terigas dan jeruk Keprok Monika dengan jumlah pohon total seluruhnya 1000 pohon jeruk.

Tanaman jeruk dapat tumbuh di ketinggian 0-400 m/dpl, dengan iklim suhu udara 25oC- 30oC atau rata-rata 20oC, serta curah hujan tidak lebih dari 100 mm atau 1200 mm perbulannya dan kelembapan udara 50%-85% dengan minimal 3 bulan kering, sehingga dari syarat tempat, lokasi dan iklim tersebut sangat cocok dan sesuai apabila dikembangkan di satuan Yonarmed 1 Kostrad.

Selain itu Yonarmed 1 Kostrad juga mengembangkan tanaman durian jenis Montong sebagai komoditas tanaman unggulan lainnya yang ditanam di lahan kosong Yonarmed 1 Kostrad. Tanaman yang sudah ditanam di lahan kosong tersebut berjumlah 200 buah dan selalu dirawat serta dipupuk secara rutin oleh prajurit Yonarmed 1 Kostrad.

Buah Durian Montong merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan berkhasiat bagi tubuh, diantaranya ialah adanya kandungan karbohidrat, energy, protein serta lemak.

Danraipur X Yonarmed 1 Kostrad Lettu Arm Agung Herdiawan, S.S.Tr.Han selaku koordinator budidaya tanaman jeruk mengatakan “Jeruk merupakan salah satu komoditas unggulan yang telah lama dikenal oleh masyarakat dan buah ini digemari oleh seluruh lapisan masyarakat yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar maupun hasil olahan serta buah jeruk selain memiliki kandungan gizi yang bagus, buah tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga tujuan budidaya tanaman jeruk ini adalah memberikan edukasi dan pengalaman tentang cara budidaya jeruk untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit”, ungkapnya.

Danraipur Z Yonarmed 1 Kostrad Kapten Arm Ardi Waskita, S.Tr.Han selaku Koordinator budidaya tanaman durian mengatakan “Dengan menanam durian di lingkungan sekitar kita, maka akan didapatkan banyak manfaat seperti suasana lingkungan akan lebih sejuk karena pohon durian penghasil oksigen yang bagus, kemudian tanaman durian merupakan tanaman yang menghasilkan buah secara musiman sehingga perawatannya harus secara rutin diperhatikan dan tujuan budidaya tanaman durian adalah selain memanfaatkan lahan kosong, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit Yonarmed 1 Roket kostrad”, tambahnya.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending