Connect with us

Divif 2 Kostrad

Menarmed 1

Yonarmed 1 Kostrad Manfaatkan Lahan Dengan Program Budidaya Kopi Arabika

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Arabika (nama ilmiah : Coffea Arabica) merupakan jeniis kopi yang beraal dari suku (familia) rubiaceae. Secara geografis kopi arabika dapat tumbuh di ketinggian lahan 600-2000 m/dpl, dengan curah hujan rata-rata pertahunnya yakni 1200-2000 mm pertahun. Oleh karena itu, dengan melihat kondisi tanah dan wilayah tersebut yang sesuai dengan wilayah di Singosari, maka Yonarmed 1 Kostrad menyelenggarakan program budidaya kopi arabika dengan memanfaatkan lahan yang berada di satuan, Singosari, Malang. Sabtu (25/5).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selain memanfaatkan lahan kosong, juga bertujuan untuk menambah wawasan dan memperkaya ilmu para prajurit Yonarmed 1 Kostrad tentang budidaya kopi yang baik dan ramah lingkungan. Kebun kopi yang disiapkan untuk program budidaya arabika seluas 1 hektar dengan jumlah pohon kopi ada 400 pohon, ditanam serta dirawat oleh prajurit Yonarmed 1 Kostrad.

Dantimhar Yonarmed 1 Kostrad, Lettu Cpl Husni selaku koordinator lapangan program budidaya kopi arabika mengatakan bahwa “Kopi adalah jenis minuman yang penting bagi sebagian besar masyarakat di seluruh dunia dan bukan hanya  karena kenikmatan konsumen peminum kopi, namun juga karena nilai ekonomis yang sangat menguntungkan.

Kopi arabika memiliki beberapa keunggulan, tidak hanya dari segi cita rasa bubuk kopinya, buahnya juga lebih banyak dari pada jenis kopi lainnya dan selain itu kopi arabika tahan terhadap serangan hama penyakit, kemudian biaya perawatannya murah dengan umur panen relatif singkat.

“Program ini merupakan program edukasi tentang mengajarkan bagaimana cara budidaya kopi arabika yang baik dan benar sesuai dengan Standar Operasional  (SOP) dan menghasilkan buah yang berkualitas tinggi, serta program tersebut sangat bagus dan bermanfaat bagi prajurit Yonarmed 1 Kostrad agar mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam dunia usaha dibidang perkebunan khususnya kopi arabika”, tambah Danraima Yonarmed 1 Roket Kostrad Kapten Arm Prihandoko S.Tr.Han.

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending