Connect with us

Menarmed 1

Yonarmed 1/Divif 2 Kostrad Gelar Latihan Menembak Senjata Berat Dengan Senjata Tercanggih Roket Astros II MK 6

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – prajurit Yonarmed 1 Kostrad melaksanakan Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat)  menggunakan alutsista kebanggaan mereka Roket Astros II MK 6 yang dilaksanakan di Puslatpur Marinir Situbondo (PLP Marinir).

Latihan menembak senjata berat ini merupakan salah satu rangkaian latihan yang dilaksanakan secara terus menerus untuk mengasah kemampuan dan keterampilan para prajurit Yonarmed 1 Kostrad dalam mengoperasionalkan alutsista Astros II MK 6.

Roket Astros II Mk 6 merupakan salah satu Alutsista tercanggih yang ada di dunia. Alutsista yang berasal dari Negara Brazil dilengkapi dengan sistem komputerisasi yang sangat canggih, sistem koreksi manual serta pengolah data tembak secara manual.

Roket Astros II Mk 6 memiliki berbagai varian munisi seperti SS-09, SS-30, SS-40, SS-60 dan SS-80. Dimana setiap varian munisi ini memiliki jarak jangkau yang berbeda, jarak jangkauan terjauh Roket Astros II MK 6 ini adalah 89 Km dengan menggunakan jenis munisi SS-80 yang dapat menghancurkan sasaran berupa Area.

Untuk mengimbangi kecanggihan teknologi dari Alutsista Roket Astros II Mk 6 maka prajurit Yonarmed 1 Kostrad terus melaksanakan latihan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengoperasionalkan Alutsista Roket Astros II MK 6.

Latihan ini dimulai dari melaksanakan pergeseran pasukan dari asrama Yonarmed 1 Kostrad menuju ke puslatpur Marinir Situbondo, setelah itu para prajurit Yonarmed 1 Kostrad melaksanakan latihan penembakan di Puslatpur Marinir Situbondo dan pantai Bandongan dengan menggunakan munisi SS-30 pada jarak 15 Km dan SS-09 pada jarak 7 km.

Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar dengan di hadiri langsung oleh Perwira tinggi TNI AD Brigjen TNI Rosdianto, S.Sos., M.Tr.(Han) selaku Wadan Pussen Armed dan Brigjen TNI Tjaturputra Gunadi G., S.Sos., M.M., M.Tr.(Han) selaku Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad, Brigjen TNI Julius Jolly Suawa, S.I.P., M.I.Pol selaku Dirsen Pussen Armed serta bebrapa Pamen Menegah Kolonel Arm Sumanto, S.Sos selaku Danmen Armed 1/PY, Kolonel Inf Septa Viandi Dwi, , S.I.P. selaku asisten operasi Divisi Infanteri 2 Kostrad, Letkol Chb Agung Budi Purnomo mselaku Danden Hub Divisi Infanteri 2 Kostrad, Letkol Cpl Budi Alamsyah, S.I.P. selaku Danden Pal Divisi Infanteri 2 Kostrad.

Kegitan dimulai di pantai Bandongan dengan menembakkan munisi SS-30 jarak sasaran 15 Km selanjutnya Roket  Astros II MK 6 bersama dengan rombongan bergeser menuju PLP Marinir untuk melaksanakan penembakan dengan menggunkan munisi SS-09 dengan jarak sasaran mencapai 7 km. penembakan Astros II MK 6 kali ini menggunakan berbagai jenis tembakan yang dimodofikasi sesuai dengan jenis sasaran yang akan dihancurkan seperti tembakan Poin atau terpusat dimana tembakan terpusat ini digunakan untuk menghancurkan sasran berupa titik atau sasan berupa bangunan yang memiliki kelebaran yang kecil. Adapula jenis tembakan Linear yang digunakan untuk menghancurkan sasaran berupa garis contohnya sasaran berupa jalan, daerah yang memiliki bentuk garis, serta tembakan individual yang digunakan untuk menghancurkan sasaran yang memiliki kelebarang yang luas sehingga dibutuhkan pembagian munisi secara menyebar untuk menghancurkan sasaran dengan kelebaran yang luas.

Para prajurit Yonarmed 1 Kostrad yang di Komandoi oleh Komandan Batalyon Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P., M.i.Pol. melasanakan latihan Latbakjatrat kali ini dengan sukses dan aman. Serta para pengawas mengungkapkan sangat bangga TNI AD memiliki Alutsista yang canggih dan mampu bersaing dengan alutsista yang dimiliki oleh Negara-negara besar.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending