Connect with us

Menarmed 1

Virus COVID-19 Tidak Menurunkan Moril Anggota Yonarmed 1/Divif 2 Kostrad Untuk Tetap Menjaga Ketahanan Pangan

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Seperti yang kita tahu negara kita ini sedang dilanda musibah, sebenarnya bukan hanya Indonesia melainkan beberapa negara yang di serang oleh virus Corona (Covid-19) yang menyebabkan semua aktivifitas lockdown. Jika kita semua berhenti untuk bekerja lalu bagaimana kita melanjutkan kehidupan ?? salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga ketahanan pangan. Banyak sekali potensi yang bisa dimanfaatkan, seperti menanam buah-buahan, sayur-sayuran dan tanaman obat-obatan.

Yonarmed 1 Kostrad adalah salah satu satuan yang memanfaatkan potensi disebagian tanahnya untuk mengolah hasil bumi tersebut untuk menjaga ketahanan pangan, karena tidak serta merta pertahanan negara itu selalu dengan senjata maupun alutsista melainkan menjaga ketahanan pangan juga begitu penting. Tidak hanya harus selalu petani ataupun tukang kebun. Kopi, Durian, Jeruk, Alpukat, Pepaya, Buah Naga, Sayur-sayuran dan Umbi-umbian serta tanaman obat obatan yang ada di Yonarmed 1 Kostrad ini begitu subur dan terawat.

Ditengah gencarnya Virus Corona (Covid-19) ini menyerang, prajurit Yonarmed 1 Kostrad tetap semangat melaksanakannya, bukan hanya sebuah perintah dari Danyon Yonarmed 1 Kostrad Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin S.I.P., M.I.Pol, tapi mereka mengerjakannya setulus hati karena hasilnya pun mereka rasakan juga.

Semua tanamanan yang ditanam adalah tanaman yang paling cocok ditanam di tanah Yonarmed 1 Kostrad ini. Kenapa ?? karena satuan ini berada tepat dibawah kaki gunung arjuna yang memiliki sumber air tak terbatas , selain itu suasananya sangat sejuk. Salah satu contohnya adalah tanaman Alpukat dimana alpukat merupakan tanaman yang tumbuh di pegunungan dengan ketinggian 200-1000 mdpl, yang sangat cocok dengan kondisi satuan Yonarmed 1 Kostrad yang berada di kaki gunung Arjuna.

Selain itu dengan kondisi tanah di Yonarmed 1 Kostrad yang subur berdampak pada hasil buah dari tanaman alpukat, dimana hasil dari tanaman alpukat yang tumbuh di Yonarmed 1 Kostrad memiliki ukuran dan kualitas yang sangat baik.

Dengan melihat suberdaya alam yang dimiliki dimana memanfaatkan sumber air yang tak prajurit Yonarmed 1 Kostrad tidak kehabisan akal mengacu pada kondosi saat ini, selain menyiapkan tanaman-tanaman yang dapat mecegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) kita juga harus mempersiapkan ketahanan pangan untuk menghadapi kondisi terburuk kelangkaan sembako sebagai dari dampak dari Virus Corona (Covid-19). Prajurit Yonarmed 1 Kostrad mengambil langkah untuk membudidayakan lele dengan tujuan sebagai cadangan laukpauk apa bila terjadi kelangkaan bahan pokok.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending