Connect with us

Brigif Raider 9

Upacara Penerimaan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R 514 Kostrad Dan Yonif R 321 Kostrad

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring memimpin Upacara Penerimaan Satuan Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif R 514 Kostrad Dan Yonif  R 321 Kostrad di Lapangan Upacara Yonif RK 751/VJS. Kamis (7/3).

Dalam Amnatnya Panglima Kodam (Pangdam) mengatakan bahwa wilayah perbatasan memiliki peran yang strategis sebagai serambi depan wilayah ujung timur Negara Kesataun Republik Indonesia (NKRI), yang berbatasan dengan negara tetangga Papua New Genea (PNG).

Beliau menyampaikan bahwa wilayah perbatasan memiliki kerawanan yang harus selalu diantisipasi. Oleh karenanya, beliau menekankan kepada para prajurit Satgas untuk senantiasa waspada, serta melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik. Beliau menekankan para prajurit Satgas untuk senantiasa berpatroli, menjaga stabilitas keamanan serta mencegah segala bentuk penebangan kayu ilegal dan juga penyelundupan miras dan narkoba.

“Kalian harus tetap waspada, lakukan patroli-patroli keamanan maupun patroli pemeriksaan patok batas, dan buat tanda-tanda dari pos ke patok batas di sektor tanggung jawabnya. Ciptakan stabilitas keamanan di sepanjang perbatasan, mencegah pelintas batas ilegal, penebangan kayu ilegal, penyelundupan dan mencegah keluar masuknya miras dan Narkoba serta kelompok kriminal bersenjata.”, Ujar Pangdam.

Selain itu, dalam amanatnya Pangdam juga menekankan para prajurit Satgas tersebut untuk membantu masyarakat yang ada  di wilayah perbatasan tempat mereka bertugas nantinya. Beliau mengingatkan, bahwa kehadiran para prajurit Satgas tersebut harus memberikan kebaikan kepada masyarakat dan negara, serta menaati hukum agar terhindar dari segala bentuk pelanggaran.

“Kalian juga harus membantu masyarakat di perbatasan, melalui koordinasi dengan aparat Kowil setempat. Ingat bahwa kehadiran kalian harus memberi kebaikan bagi masyarakat, bangsa dan Negara, serta taati hukum dan HAM, agar kalian terhindar dari segala bentuk pelanggaran”, lanjut Pangdam.

Diakhir amanat Pangdam menyampaikan harapannnya kepada para prajurit yang akan bertugas, agar mereka menjalin hubungan yang baik dengan satuan lain, menghindari segala bentuk kesalahpahaman dan tidak mudah terprovokasi dalam menghadapi setiap permasalahan dalam menjalankan tugasnya.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending