Connect with us

Yon/KI BS

Umat Hindu Yonbekang 2 Kostrad Ikuti Persembahyangan Jalanidhi Puja

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Prajurit Batalyon Bekang 2 Kostrad dan keluarga yang beragama Hindu mengikuti kegiatan persembahyangan Jalanidi Puja/Melasti bersama umat Hindu di wilayah Jawa Timur diantaranya dari Umat Hindu Kota Malang, Umat Hindu Kabupaten Malang, Umat Hindu Kota Batu, Umat Hindu Kabupaten Pasuruan dan umat Hindu Kabupaten Blitar dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi 1941 Caka Tahun 2019, di Pantai Balaikambang Malang. Senin (4/3).

Dibawah pimpinan Pelda  I Made Yasa, sebanyak 29 orang warga Yonbekang 2 Kostrad melaksanakan persembahyangan tersebut, yang terdiri dari 13 orang Prajurit, 6 Persit dan 10 orang anak. Mereka bergabung dengan 300 orang masyarakat Hindu lainnya dari wilayah Jawa Timur yang berkumpul untuk melaksanaka persembahyangan di Pantai Balaikambang Malang.

Kegiatan persembahyangan ini merupakan adat keagamaan yang kerap dilakukan umat Hindu untuk memanjatkan doa ada sejumlah rangkaian acara dalam kegiatan tersebut, seperti persembahan tari-tarian dan persembahyangan bersama oleh seluruh umat Hindu. Hal itu diyakini sebagai suatu bentuk kegiatan keagamaan yang menghendaki terjalinnya hubungan dengan Tuhan, Dewa atau Roh yang dipuja.

Disamping itu, Pelda Made Yasa juga mengatakan bahwa persembahyangan Jalanidhi Puja/Melasti ini dilaksanakan bertujuan untuk menjalin silaturahmi umat Hindu dan Masyarakat se wilayah Jawa Timur dan untuk mempertebal keyakinan pada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Pelda Made Yasa merupakan salah satu Ketua pengurus Pura Yonbekang 2 Kostrad juga didaulat untuk memimpin acara sakral ini di Pura Yonbekang 2 Kostrad pada sore harinya sedangkan untuk pagi harinya sudah dilaksanakan di Pantai Balaikambang Malang.

Acara seperti ini merupakan salah satu kegiatan Bintal (pembinaan mental) bagi seorang prajurit dan merupakan sarana Komsos (Komunikasi Sosial) bagi Satuan Yonbekang 2 Kostrad dan masyarakat umat Hindu se wilayah Jawa Timur, kegiatan ini dilaksanakan dengan aman dan lancar serta khidmat.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending