Connect with us

Divif 2 Kostrad

Denpal Divif 2

Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Denpal Divif 2 Kostrad Gelar Tes Garjas Periodik

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Detasemen Peralatan (Denpal) Divif 2 Kostrad menggelar tes kesegaran jasmani ( garjas ) periodik  semester 2 TA. 2019 dalam rangka mengukur kemampuan fisik prajurit secara berkala, dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 24 Oktober 2019, bertempat di Lapangan Penegak Sapta Marga Madivif 2 Kostrad dan Kolam Renang Tirta Vicadha Singosari, Malang. Jum’at (25/10).

Diawali dengan Apel pengecekan personil dilanjutkan pemeriksaan kesehatan berupa tensi darah sebagai tindakan awal untuk mengetahui kondisi prajurit sebelum melaksanakan tes kesegaran jasmani, setelahnya dilakukan senam pemanasan sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti yang disampaikan oleh Komandan Detasemen Peralatan ( Dandenpal ) Divif 2 Letkol Cpl Budi Alamsyah, S.I.P.  saat berkesempatan mengikuti dan meninjau secara langsung pelaksanaan tes garjas bahwa setiap  prajurit akan melaksanakan semua item tes garjas sehingga akan terlihat kemampuan fisik perorangan yang tercantum dalam daftar nilai.

“Latihan dan latihan secara teratur akan mampu menjaga tingkat stamina fisik, prajurit sudah siap apabila sewaktu-waktu diadakan tes garjas tanpa mempunyai keraguan untuk melaksanakannya,” pungkas Dandenpal.

Perwira Seksi ( Pasi ) Perslog Lettu Cpl Eko Purwanto saat mendampingi Dandenpal memberikan penekanan khusus agar seluruh personil yang melaksanakan tes garjas memperhatikan kondisi fisiknya dan utamakan keselamatan pribadi.

“Jangan memaksakan diri apabila sudah pada ambang batas kemampuan fisikmu, karena untuk mendapatkan standar nilai yang telah ditentukan harus mempersiapkan diri dengan latihan teratur.” jelas Pasi Perslog.

Adapun materi garjas yang harus dilaksanakan meliputi Garjas A yaitu lari dengan limit waktu 12 menit, Garjas B yaitu Pull Up,Sit Up, Push Up,Lunges,Shuttle Run, serta garjas C yaitu renang jarak 50 m.

Tim penyelenggara menilai pelaksanaan tes kesegaran jasmani dapat berjalan dengan tertib dan aman tanpa adanya kerugian personil maupun materiil. Ini semuanya berkat pemahaman yang baik peserta terhadap tata tertib dengan kerjasama dan komunikasi selama kegiatan berlangsung bisa diterapkan.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending