Connect with us

Brigif Raider 9

TK Kartika Jaya Koordinator 2 Yonif Raider 509 Kostrad Berbagi Pengetahuan Di Hari Bahasa Ibu Sedunia

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Jarang yang tahu, jika 21 Februari adalah Hari Bahasa Ibu Internasional (International Mother Language Day). Hari Bahasa Ibu Internasional ditetapkan oleh badan PBB Unesco pada tanggal 17 November 1999. Hari Bahasa Ibu Internasional berasal dari pengakuan internasional terhadap Hari Gerakan Bahasa yang dirayakan di Bangladesh.

Sejarah penetapan Hari Bahasa Ibu Internasional cukup diwarnai perjuangan penuh darah dan air mata. Sejarahnya, berawal pada tahun 21 Maret 1948 saat Mohammed Ali Jinnah, Gubernur Jenderal Pakistan, mendeklarasikan bahasa Urdu sebagai bahasa resmi Pakistan.

Setiap 21 Februari diperingati sebagai Hari Bahasa Ibu Sedunia yang telah ditetapkan oleh badan PBB, UNESCO, pada 17 November 1999.

Untuk memperingati Hari Bahasa Ibu Sedunia, TK Kartika Jaya  Koordinator 2 Yonif Raider 509 Kostrad memberikan pelajaran tentang Bahasa Ibu kepada murid-muridnya.

Di dalam pelajaran yang di berikan Siti Rochimah, S.Pd Guru TK Kartika Jaya  Koordinator 2 Yonif Raider 509 Kostrad menjelaskan bahwa Bahasa ibu merupakan bahasa pertama yang dikenalkan kepada seorang anak dan mayoritas masyarakat di Indonesia menggunakan bahasa ibu itu cenderung dimaknai sebagai bahasa daerah.

Ia mengatakan bahasa ibu yang harus diperkenalkan, di samping Bahasa Indonesia, adalah bahasa daerah masing-masing dari orangtuanya dan diharapkan anak bisa melanjutkan sebagai penutur untuk bahasa daerah.

“Bahasa daerah tentu harus dipelihara supaya tidak terjadi gesekan antarbudaya, karena dalam penuturan bahasa yang sopan menurut kita belum tentu sopan untuk orang lain,” Ungkapnya.

Danyonif Raider 509 Kostrad mengharapkan peringatan Hari Bahasa Ibu Sedunia menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran orang tua dalam pengenalan berbahasa ibu dengan menggunakan bahasa daerah kepada anak-anak.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending