Connect with us

Divif 2 Kostrad

Brigif Mekanis Raider 6

Tingkatkan Pendapatan Warga, Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Divif 2 Kostrad Ajarkan Cara Olah Gastor Jadi Ikan Asin

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Ikan Gabus adalah jenis ikan yang banyak ditemukan di rawa-rawa atau sungai, Ikan Gabus juga dikenal mempunyai banyak nama di berbagai daerah di Indonesia. Di Papua sendiri dikenal dengan nama ikan Gastor, populasinya yang banyak dan hidup dialam bebas sehingga mudah diperoleh.

Dalam rangka mendukung penghasilan tambahan bagi warga diperbatasan, Pos Toray Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad mengajarkan cara mengolah ikan Gastor menjadi ikan asin bertempat di Kampung Toray, Distrik Sota, Merauke, Papua. Sabtu (26/10).

Danpos Toray Letda Inf Wesly Tanaem mengatakan, musim kemarau telah membawa berkah tersendiri bagi warga Kampung Toray, karena ketika memancing atau menjaring ikan dengan mudah mendapatkan Ikan Gastor, banyaknya hasil tangkapan warga membuat anggota Satgas memiliki ide kreatif untuk mengajarkan cara mengolah ikan Gastor menjadi ikan asin.

“Lima anggota Pos Toray dipimpin Sertu Sibarani mengajarkan langsung cara mengolah ikan Gastor menjadi ikan asin, hal tersebut dilakukan guna mendukung tambahan penghasilan bagi warga, karena banyaknya hasil tangkapan ikan Gastor di Kampung Toray, agar dapat bertahan lama dan memiliki nilai jual yang biasanya dijual saat ikan masih segar,” ucap Danpos.

Sementara itu Kopda Munawar mengungkapkan bahwa dirinya mengajarkan tahap-tahapan membuat ikan asin, mulai membersihkan ikan, menjemur ikan yang telah diasinkan, hingga nantinya menjadi ikan asin selama kurang lebih satu minggu, “Agar hasil olahan ikan asin maksikal kita juga contohkan membuat para-para untuk menjemur ikan asin,” pungkasnya.

Salah seorang warga Kampung Toray Bapak Siors Bagujay mengucapkan, banyak terimakasih kepada Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad yang telah mengajarkan kreatifitasnya untuk warga, yakni cara mengolah ikan Gastor menjadi ikan asin, “Biasanya ikan hanya dikonsumsi atau dijual tidak diolah apa-apa, kegiatan ini diharapkan dapat dipraktekkan dan nantinya dapat menambah penghasilan warga,” tambahnya.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending