Connect with us

Menarmed 1

Sayangi Jantung, Prajurit Yonarmed 12/155/AY/1/2 Kostrad Terima Sosialisasi Kesehatan

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Jantung merupakan organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan oksigen, nutrisi serta metabolisme sel. Dalam menjalani fungsinya, otot-otot jantung berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian dengan irama yang teratur. Maka dari itu menajaga kesehatan jantung adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Belakangan banyak sekali kasus kematian yang diakibatkan penyakit jantung. Penyakit jantung terjadi akibat adanya gangguan baik dalam pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir. WHO mencatat 17,5 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit jantung ini.

Pentingnya menjaga kesehatan jantung inilah yang membuat Danyonarmed 12/155/AY/1/2 Kostrad, Letkol Arm Ronald F Siwabessy mengundang dokter Isma Donny Eko Saputro untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh prajurit. Selasa (20/4).

Dalam sosialisasi kali ini dokter Isma, mengatakan bahwa ada beberapa macam penyakit jantung di antaranya jantung koroner, infeksi jantung, gagal jantung, aritimia dan jantung bawaan. “Dari berbagai macam penyakit jantung tersebut tentu memiliki penyebab yang berbeda”, ungkap dokter Isma.

Jantung Koroner misalnya, penyebabnya karena penyempitan pembuluh darah di jantung dengan gejala nyeri dada, sesak nafas, kerap pingsan, rasa nyeri yang menjalar hingga ke lengan kiri atau ke rahang. “Meski dari setiap penyakit jantung memiliki penyebab dan gejala yang berbeda secara umum memiliki faktor resiko yang hampir sama yaitu gaya hidup yang kurang sehat, kurang olah raga, dan perokok berat, di samping resiko khusus seperti obesitas, kolesterol tinggi, hipertensi, dan diabetes”, imbuh dokter Isma.

Sementara itu Danyonarmed 12/155/AY/1/2 Kostrad, Letkol Arm Ronald F Siwabessy menegaskan lewat sosialisasi kali ini diharapkan memberikan kesadaran yang tinggi bagi setiap prajurit betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat dan olah raga teratur agar jantung tetap sehat.

“Setiap prajurit haruslah memiliki kondisi fisik yang prima dan itu diawali dari jantung. Dengan jantung yang sehat tentu akan menjadikan tubuh sehat, jiwa kuat serta fisik yang hebat agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara”, pungkas Ronald.

 

YOUTUBE

Facebook

Trending