Connect with us

Brigif Raider 9

Satgas Yonif Raider 509/Divif 2 Kostrad Sosialisasikan Cegah Covid-19 Dari Rumah ke Rumah

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Informasi mengenai penyebaran Virus Corona (Covid-19) menyebar luas dari mulut ke mulut dan juga dari berbagai postingan media sosial. Tak lupa berbagai arahan untuk mencegah penularan dan menjaga kesehatan juga banyak dilakukan berbagai pihak.

Salah satunya Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang saat ini bertugas di perbatasan dipimpin oleh Danpos KM 140 Letda Inf Sulasmono beserta 5 orang anggota. Melalui rumah ke rumah anggota Satgas bekerjasama dengan Puskesmas Yaffi yang dipimpin oleh ibu Natasha beserta 4 orang pegawai Puskesmas memberikan sosialisasi melalui himbauan tentang pencegahan covid-19 dengan menjaga jarak sosial dan mencuci tangan dengan baik dan benar di Kampung Monggoepi di Distrik Yaffi. Kab. Keerom. Papua. Kamis (2/4).

“Hal ini sangat penting dilakukan agar masyarakat sadar dan waspada akan bahaya Virus Corona (Covid-19),” tutur Danpos KM 140 Letda Inf Sulasmono.

Sulasmono mengatakan bahwa ia mengajak agar masyarakat tidak bepergian keluar rumah sampai wabah Virus Corona benar-benar dinyatakan sudah hilang, Serta menjaga jarak antara satu orang ke orang lain minimal sejauh 1 meter. Disamping itu tetap menjaga kebersihan diri maupun lingkungan dan selalu rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun setelah melakukan aktifitas.

Sementara Ibu Natasha dari Puskesmas Yaffi mensosialisasikan secara langsung ditemani pegawainya tersebut menjelaskan cuci tangan yang benar dan baik menurut WHO (World Health Organization/Organisasi Kesehatan Dunia).

“Kita memberikan pengertian kepada masyarakat akan pentingnya cuci tangan. Hal ini sebagai salah satu cara mencegah meluasnya Virus Corona,” ujarnya.

Sosialisasi yang dilakukan cukup sederhana, mengingat audien yang dituju merupakan masyarakat sekitar, sosialisasi dibuat semeriah dan menyenangkan. Melalui ajakan-ajakan serta mencuci tangan ditempat secara langsung oleh anggota Satgas Yonif Raider 509 Kostrad beserta pegawai Puskesmas yang dilihat oleh masyarakat setempat.

Mulai dari menggosok telapak tangan, menggosok punggung tangan dan sela-sela jari menggunakan tangan kiri dan sebaliknya. Lalu menggosok sela jari tangan dari arah dalam keluar, saling mencuci jari tangan di bagian sisi dalam, menggosok ibu jari hingga menggosok ujung jari dan kuku di telapak tangan yang lain.

Setelah mendapat materi sosisalisasi tidak lupa di akhir kegiatan, masyarakat diminta untuk mempraktikkan mencuci tangan dengan benar sebelum makan dan setelah melakukan aktifitas.

“Kami berharap, seluruh masyarakat kampung di Distrik Yaffi dapat secara rutin mencuci tangan setelah beraktifitas, sehingga penyebaran warna covid-19 dapat dicegah didaerah perbatasan,” imbuh Sulasmono.

Dilain tempat Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., PSc mengatakan bahwa personel Satgas Pamtas selain bertugas menjaga pengamanan perbatasan juga melaksanakan tugas-tugas lain diantaranya Pembinaan Teritorial (Binter) kepada masyarakat perbatasan terutama bidang kesehatan.

Hal tersebut agar tercipta hubungan silaturahmi yang baik antara anggota Satgas dengan masyarakat perbatasan apalagi, saat ini sedang gencar-gencarnya pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona agar masyarakat mengikuti arahan dari Sosialisasi tersebut. “Semoga masyarakat terhindar dari Virus Corona dan penyebaran Virus Corona cepat dikendalikan dan segera mereda,” ujar Dansatgas.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending