Connect with us

Divif 2 Kostrad

Brigif Raider 9

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/Divif 2 Kostrad Hadiri Acara Bakar Batu Di Kampung Karubate

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Setiap daerah di Indonesia menyimpan keunikan tersendiri, seperti bahasa daerah, pakaian adat, makanan khas, maupun kebiasaan masyarakatnya. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Papua memiliki tradisi yang cukup unik yaitu Upacara Bakar Batu.

Ini merupakan upacara tradisional yang penting dilakukan oleh masyarakat di sana. Kegiatan adat kali ini diikuti oleh prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514 Kostrad, bertempat di Kampung Karubate, Distrik Muara, Kab. Puncak Jaya. Kamis (25/7).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514 Kostrad Mayor Inf Danang Biantoro, S.I.P, M.Si, dalam keterangan tertulisanya di Kab. Puncak Jaya, Papua.

“Prajurit Satgas sebagai pendatang di daerah ini sangat menghormati tradisi masyarakat. Kami merasa terhormat karena ikut diundang oleh warga Kampung untuk menghadiri acara tradisi tersebut,” pungkasnya.

Lanjut Danang menyampaikan bahwa 20 Orang personel satgas dipimpin oleh Lettu Chk Zaenal Arifin yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Hukum (Pakum) Satgas, ikut serta dalam acara adat ini.

Bapak Maleo Wonda Warga Kampung Karubate adalah orang yang merayakan kelahiran anaknya, sehingga mengundang masyarakat sekitar untuk datang dan melaksanakan tradisi bakar batu sebagai wujud syukur dan berbagi kebahagian.

“Kami warga Kampung sangat senang dan antusias apabila ada acara bakar batu karena selain sebagai sarana berkumpul bersama, dalam acara tersebut kami juga dapat mengenal teman-teman dan tetangga,” ujarnya.

“Saya juga mengundang anggota Satgas untuk memperkenalkan kepada mereka acara adat kami. Disini kami memasak babi sebagai hidangan utama, tapi dikarenakan ada masyarakat Muslim yang kami undang maka kami juga menyediakan ayam sebagai tambahan hidangan,” ungkapnya.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending