Connect with us

Divif 2 Kostrad

Brigif Mekanis Raider 6

Satgas Pamrahwan Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Alirkan Air Bersih Menuju 3 Desa Terpencil Di Distrik Kalome Kabupaten Puncak Jaya

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Satgas Pamrahwan Kabupaten Puncak Jaya Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad lewat Staff Teritorial dan Pos Kalisemen melaksanakan Bhakti TNI di Kampung Wurubume, Kampung Wanimbo dan Kampung Kayugabur Distrik Kalome Puncak Papua. Sabtu (18/5).

Bhakti TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih di 3 Kampung di Distrik Kalome dilaksanakan oleh Satgas Pamrahwan Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad dengan membentuk 3 Tim untuk 3 Kampung yang akan dialirkan air bersih.

Tim Bharata 1 dipimpin oleh Kapten Inf Yohanes Nurbianto bertugas membuat instalasi air bersih di Kampung Wanimbo yang merupakan Kampung yang memiliki sumber mata air yang akan mengaliri 2 Kampung lainnya. Tim Bharata 2 dipimpin oleh Danpos Kalisemen Letda Inf Tarudin yang akan membuat instalasi air bersih di Kampung Wurubume, dan Tim Bharata 3 dipimpin oleh Wadanpos Kalisemen Serka Yonathan A.R. Mandas yang akan membuat instalasi air bersih di Kampung Kayugabur.

Pelaksanaan Bhakti TNI di Distrik Kalome ini merupakan salah satu janji yang diberikan dari Pos Kalome sebelum dilebur ke Pos Kalisemen Satgas Pamrahwan Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad. Dalam pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan penyiapan personel dan material yang akan digunakan serta mengkoordinasikannya juga kepada masyarakat, kemudian Tim Bharata 1 yang bertanggung jawab membuat bak penampungan di mata air untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di 3 kampung yang akan dialiri air.

Atas bantuan yang telah diberikan lewat kepala kampung Wanimbo Bapak Yontinus Kogoya memberikan nama untuk Mata Air yaitu Sendhang Bharata. Setelah penampungan di Sendhang Bharata selesai kemudian dilaksanakan pemasangan selang air menuju ke 3 Kampung yang mencapai total sepanjang 1,5 Kilometer.

Wadanpos Kalisemen Serka Yonathan A.R. Mandas mengungkapkan, “Kami dari bekas Pos Kalome memang sebelumnya mempunyai program air bersih untuk masyarakat, berangkat dari rasa penasaran kami karena banyaknya sumber mata air pada saat kami melaksanakan patroli keamanan namun masyarakat kesulitan mengakses air bersih tersebut. Namun karena adanya dinamika penugasan sehingga Pos Kalome di lebur ke Pos-Pos lain membuat prgram kami menjadi terhenti. Karena tanggung jawab moral serta janji kepada masyarakat dengan dukungan dari Staff Territorial kami akhirnya merampungkan rencana kami sebelum memasuki masa purna tugas”, ucapnya.

“Kami merasa marah dan sedih ketika mengetahui Pos Kalome akan dibubarkan, kami sudah sangat bergantung kepada mereka dari bantuan-bantuan yang diberikan oleh Pos. Kami sekarang bingung untuk meminta pelayanan kesehatan, pendidikan dasar bagi anak-anak kami dan rasa aman kami. Kami berterimakasih sekali kepada Satgas Pamrahwan Mekanis Raider 412 Kostrad yang meskipun sudah tidak ada di daerah kami namum masih memikirkan kesulitan kami dalam memperoleh air bersih. Kami berharap sekali Pos Kalome bisa kembali lagi ke Kalome, terima kasih atas bantuannya Kinaonak Wa Wa Wa”,  Ucap Kepala Kampung Wurubume Martinus Kogoya.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending