Connect with us

Menarmed 1

Rikmat Alutsista di Ngawi, Tingkatkan Kualitas Man Behind The Gun Armed 12 Kostrad

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Tim Pussenarmed di bawah kendali Mayor Arm Tri Budi, hingga tim Ditpalad TNI-AD, saat ini tengah menggelar pemeriksaan materiil Alutsista Meriam Caesar 155MM milik Yonarmed 12 Kostrad.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kelayakan sistem pada senjata tersebut. Sehingga, ketika digunakan akan didapatkan performa yang optimal,” ujar Mayor Tri Budi. Rabu (11/12).

Upaya itu, ujar Tri Budi, merupakan bagian dari pemeliharaan Satuan. Ia mengungkapkan jika rikmat tersebut, rencananya bakal digelar selama dua hari. “Meriam 155 MM, salah satu meriam tercanggih yang dioperasionalkan oleh Satuan jajaran TNI-AD, salah satunya di Yonarmed 12 Kostrad,” jelasnya.

Sementara itu, Danyonarmed 12 Kostrad, Letkol Arm Ronald, F. Siwabessy menambahkan jika selama ini, perawatan hingga pemeriksaan dilakukan secara rutin oleh personelnya.

Almamater Akademi Militer tahun 2002 itu mengungkapkan jika perawatan terhadap alutsista canggih itu, merupakan salah satu upaya yang dinilai mampu menjamin kinerja kesisteman senjata.

“Meriam Caesar ini dikatakan canggih sebab, sudah memiliki sistem komputerisasi penembakan yang mampu mengolah data-data penembakan dengan cepat dan efisien,” ungkap Ronald.

“Tentunya, itu menjadi pembeda dengan meriam lama. Meriam sebelumnya, ada di Satuan ini seperti meriam 76 MM dan 105 MM tarik ke depan,” imbuhnya.

Senada, Danmenarmed 1/PY/2 Kostrad, Kolonel Arm Didik Harmono menambahkan jika dirinya sangat mendukung rikmat yang dilakukan oleh tim Pussenarmed dan Ditpalad TNI-AD saat ini.

Pasalnya, pemeriksaan tersebut nantinya dapat dijadikan suatu pembelajaran teknis bagi para anggota Yonarmed 12. “Terlebih, agar lebih terampil dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan,” tandasnya.

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending