Connect with us

Brigif Para Raider 18

Prajurit dan Persit Yonif Para Raider 503/Divif 2 Kostrad Terima Penyuluhan Bintal Kostrad

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Pembinaan mental atau yang kerap disebut dengan Bintal, merupakan salah satu kegiatan wajib untuk digelar di setiap Satuan TNI. Tidak terkecuali di satuan Yonif Para Raider 503 Kostrad yang menerima penyuluhan Bintal prajurit dan Persit Dpp Danyonif Para Raider 503 Kostrad Mayor Inf Hadrianus Yossy S.B. S.I. Pem., M.Han bertempat di Aula Djarot Yonif Para Raider 503 Kostrad, Mojokerto. Selasa (27/8).

 Turut hadir dalam penyuluhan tersebut Wakabintal Kostrad Letkol Inf Jasaruddin selaku Ketua Tim Penyuluh dan pemberi materi. Beliau menyampaikan betapa pentingnya pembinaan mental bagi prajurit, keluarga dan Satuan. Banyaknya pelanggaran  disiplin, perceraian dll itu disebabkan karena mental prajurit yang tidak siap dan mudah terpengaruh oleh kehidupan-kehidupan yang diluar norma-norma keprajuritan.

Pembinaan Mental Terpadu pada dasarnya merupakan salah satu upaya pembinaan satuan guna mencegah dan mengurangi pelanggaran hukum, disiplin dan tata tertib serta perilaku hidup sehat, untuk meningkatkan semangat juang prajurit dan PNS dalam menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin berat dan kompleks. Kepribadian tidak terlepas dari kualitas mental dan moral yang baik, ini merupakan syarat mutlak bagi setiap prajurit dan PNS untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya secara optimal, serta mewujudkan kebahagiaan dalam rumah tangga.

Letkol Inf Jasaruddin menambahkan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan perselingkuhan bisa dihindari jika suami istri saling menghargai dan memahami tugas masing-masing, dan sebagai seorang istri harus bisa  melayani dan membuat suami betah di rumah. Banyaknya Perceraian, KDRT, Narkoba  merupakan pelanggaran yang bisa dihindari jika prajurit tetap berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI.

Dengan pembinaan Mental ini, diharapkan para prajurit akan dapat merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih baik. Prajurit akan memahami nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan, jiwa nasionalisme serta mempunyai akhlak dan moral dengan menjujung tinggi serta mentaati norma yang berlaku, baik di lingkungan TNI maupun yang berlaku di lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Danyonif Para Raider 503 Kostrad Mayor Inf Hadrianus Yossy S.B. S.I. Pem., M.Han juga berharap semoga penyuluhan Bintal ini bisa memberikan dampak positif bagi seluruh prajurit dan keluarga apabila tertanam disiplin yang tinggi dalam diri prajurit.

 

YOUTUBE

Facebook

Trending