Connect with us

Brigif Raider 9

Perpustakaan Keliling Satgas Yonif Raider 509/Divif 2 Kostrad, Bantu Minat Baca Siswa SD di Kp. Namla

Diterbitkan

pada

Pendiv2 — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kostrad yang ke-59, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad melaksanakan kegiatan yang bertajuk Bersama Satgas Yonif Raider 509 Kostrad Kita Tingkatkan Semangat Belajar di Bumi Cendrawasih dengan Mobil Pintar Condromowo yang datang ke sekolah bertempat di Kampung Namla, Distrik Senggi, Kab. Keerom, Papua. Selasa (10/3).

Tak hanya dari Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, kegiatan tersebut juga didukung dari Bank Papua, Human Integrity Gifted and Helpfulness, @Home Premier Abepura, Hotel Horison Kotaraja, PHRI Indonesia dan Pemda Kab. Keerom. Mereka bersatu padu, untuk membangun generasi penerus bangsa yang cerdas.

Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharromah, S.H.Psc. mengatakan Sekolah yang didatangi oleh perpustakaan keliling yakni SD YPK Alfa Omega Namla. Tidak hanya siswa tapi para guru juga menyambut dengan sangat antusias, terhitung ada 40 siswa SD dengan penuh keceriaan membaca buku yang tersedia di perpustakaan.

“Kami datangkan perpustakaan keliling untuk membangun minat baca dan memperluas pengetahuan serta wawasan siswa sekolah di Kampung Namla, tak hanya membawa buku bacaan, kami juga memutarkan film perjuangan, membagikan buku, alat tulis dan perlengkapan sekolah untuk menumbuhkan motivasi kepada para siswa,” ucapnya.

Wira juga mengatakan, perpustakaan keliling merupakan salah satu program guna memberikan sarana ilmu pengetahuan kepada anak-anak di perbatasan.

“Berbagai cara kita lakukan untuk menarik mereka supaya terus berprestasi, kegiatan belajar mengajar di seluruh pos juga sudah terlaksana, kami juga memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak di kampung setelah pulang sekolah, bagi kami ilmu pengetahuan sangat penting dan tidak ada kata terlambat untuk belajar,” tambahnya.

Wira juga menambahkan bahwa pada saat itu juga diberikan materi wawasan kebangsaan,  wawasan kebangsaan memiliki pengertian sudut pandang seseorang mengenai diri dan tanah air sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia pada diri sendiri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan hidup berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,  materi tersebut harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air sejak dini.

“Siswa-Siswi SD YPK Alfa Omega Nambla merupakan pendidikan dasar yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Pada usia muda seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan agar dalam perjalanan menimbah ilmu pendidikan dapat meraih cita-cita menuju Indonesia maju yang berintegritas,” terang Dansatgas.

Ucapan terimakasih dari salah satu Guru Sekolah Dasar YPK Alfa Omega Namla ibu Katrina (46), kepada Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang telah datang ke sekolah, “Perpustakaan keliling dengan membawa berbagai macam buku yang banyak dan terdapat  pemutaran film, membagikan buku, alat tulis dan perlengkapan sekolah membuat siswa kami antusias untuk membaca”, ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kapolsek Senggi Ipda Taufik, Babinsa Kampung Namla Kopda Mustakim, Bamuskam bapak Philipus Tri, Ondoapi Kampung Namla bapak Pius Sunggi, Pendeta bapak Kleemes.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending