Connect with us

Divif 2 Kostrad

Brigif Raider 9

Pembekalan Materi & Screening HIV/AIDS Secara Komperhensif Kepada Prajurit Yonif Raider 514 Kostrad

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514 Kostrad melaksanakan Pembekalan Materi & Screening HIV/AIDS Secara Komperhensif Oleh Puskes TNI Kepada prajurit.

Pembekalan materi ini dilaksanakan di aula Mayonif Raider 514 Bondowoso guna mengetahui tingkat pengetahuan prajurit tentang bahaya HIV/AIDS dan tindakan preventif atau pencegahannya sedini mungkin. Kamis (7/2).

Dalam acara pembekalan ini berlangsung beberapa tahap kegiatan yang diawali dari Free Test tentang HIV/AIDS oleh seluruh prajurit, kemudian dilanjutkan beberapa sambutan yang dalam hal ini diawali sambutan dari Mayor Inf Danang Biantoro S.IP selaku Komandan Yonif Raider 514 Kostrad, dan juga sambutan  dari pejabat yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan pembekalan ini juga dilakukan pengambilan sample darah dari setiap prajurit  untuk diperiksa atau dilakukan penelitian awal (screening). Dalam acara pembekalan ini, hampir setiap pejabat yang hadir turut memberikan penyuluhan tentang HIV/AIDS, bahaya narkoba dan miras.

Antusias prajurit juga sangat terlihat jelas dalam kegiatan tersebut, dimana dalam sesi tanya jawab  banyak pengetahuan baru yang didapatkan seluruh personil seperti pada usia 20-30 tahun adalah masa paling rentan terkena HIV/AIDS menurut data Puskes TNI sampai pada bulan Desember 2018.

Dalam hal ini juga dijelaskan bahwa sudah terdapat obat untuk menahan jumlah perkembangan virus di dalam tubuh  yang disebut dengan ARV(Antiretroviral) yang mana sudah tersedia disemua Rumah Sakit Tentara, serta sudah adanya penanganan oleh tenaga ahli untuk menangani kasus apabila ODHA Penderita HIV bisa di rehabilitasi dan bahkan bisa mempunyai generasi atau keturunan yang tidak terinveksi HIV/AIDS serta diberikan juga pemahaman agar ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) tidak boleh mendapatkan diskriminasi dalam kehidupan sehari.

Danyonif Raider 514 Kostrad Mayor Inf Danang Biantoro mengatakan tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memeriksa kesiapan Prajurit Yonif Raider 514 Kostrad dan mengetahui bahaya dan tindakan yang akan dilakukan dalam rangka penugasan Pamtas RI-PNG.

Turut hadir pada acara tersebut Kolonel Ckm (K), dr.Heni Lolita Tampubolon,SMF selaku Watum RSPAD Gatot Soebroto, Letkol Ckm drh.I Made Suarja,MM Kasubbidyankes Puskes TNI, Mayor Ckm Sunarji Kasikesprev Kesdam V/Brw, Mayor Ckm Said Djauhari selaku Kasidukes Kostrad, dan Kapten Ckm (K) Devita S.Psi selaku Kasi Rik Ujikes Biddukesops Puskes TNI.

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending