Connect with us

Brigif Raider 9

Manunggal Rakyat, Prajurit Satgas Yonif Raider 509/Divif 2 Kostrad Beranjangsana

Diterbitkan

pada

Pendiv2- Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad intens melaksanakan kegiatan untuk selalu mendekatkan diri dengan warga diperbatasan yang bertujuan mempererat tali silaturahmi dan kerjasama yang positif di wilayah perbatasan. Kegiatan tersebut dimaksudkan guna mendukung kelancaran tugas dan keberhasilan selama mengemban tugas pengamanan di perbatasan RI-PNG.

Sebagai upaya terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat, anggota Yonif Raider 509 Kostrad Pos Kiwirok yang dipimpin Danpos Kiwirok Letda Inf Erick Dakusa beserta 9 orang anggota beranjangsana dengan tokoh masyarakat di Kampung Ehiptem, Distrik Oklib, Kab. Pegunungan Bintang, Papua. Minggu (22/3).

Erick mengatakan kegiatan anjangsana itu dimaksudkan untuk menjalin hubungan yang baik antara personel Satgas dengan masyarakat dan para tokoh masyarakat di Kampung Ehiptem, mengingat Kampung tersebut jauh di pedalaman berjarak 2.5 km dari Distrik Oklib dengan seharian berjalan kaki, dan berjarak 9 km dari distrik Kiwirok.

Akses transportasi masyarakat hanya dengan berjalan kaki melalui jalan setapak karena belum ada fasilitas jalan, untuk fasilitas kesehatan juga tidak ada dikampung tersebut, terdekat fasilitas Puskesmas ada di distrik Oklib, untuk fasilitas pendidikan hanya ada satu sekolah tingkat sekolah dasar dan kondisi masyarakat semuanya bertani serta tidak adanya aparat TNI/Polri serta Pemda di Kampung tersebut.

“Untuk memantapkan komunikasi dengan Tokoh Masyarakat di kampung tersebut, kali ini kami menemui Kepala Kampung Ehiptem bapak Markus Kahipdana (50) dan beberapa masyarakat sekitar,” ujar Erick.

Lanjutnya, kegiatan itu juga merupakan upaya yang dilaksanakan oleh anggota Satgas agar selalu mendapatkan dukungan, serta simpatik dari masyarakat perbatasan dalam mendukung kelancaran dan keberhasilan tugas perbatasan yang diembannya.

Erick juga menerangkan bahwa sesuai pernyataan Kepala Kampung setempat bapak Markus Kahipdana menyatakan bahwa dikampung Ehiptem jarang sekali didatangi masyarakat dari luar karena jaraknya yang sangat jauh dari kota dan masyarakat di kampungnya berharap kehadiran Satgas Yonif Raider 509 Kostrad dapat selalu membantu kesulitan yang ada di kampungnya.

“Kami warga Kampung Ehiptem akan selalu mendukung semua kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Satgas Yonif Raider 509,” jelas Markus Kahipdana

Sementara itu di tempat terpisah Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., PSc mengatakan bahwa personel Satgas Pamtas selain bertugas melaksanakan menjaga pengamanan perbatasan juga melaksanakan tugas-tugas lain diantaranya Pembinaan Teritorial (Binter) kepada masyarakat perbatasan agar tercipta hubungan silaturahmi yang baik antara anggota Satgas dengan masyarakat perbatasan.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending