Connect with us

Divif 2 Kostrad

Menarmed 1

Lestarikan Beladiri Merpati Putih, Prajurit Yonarmed 12 Kostrad Ikuti Uji Kenaikan Tingkat

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Sebagai insan prajurit TNI dan prajurit Sapta Marga wajib memiliki karakter tangguh dan disiplin khususnya Angkatan Darat terutama tentang dasar ilmu militer termasuk didalamnya adalah Beladiri. Berdasarkan landasan itu Yonarmed 12 Kostrad dituntut memiliki fisik yang prima dan kemampuan Beladiri, dari sekian banyak Beladiri Nasional salah satunya adalah Beladiri Merpati Putih sebagai Beladiri asli dari indonesia.

Kapten Arm Bayu Aditya Wardana sebagai pembina Merpati putih memberikan sarana dan prasarana satuan untuk mendukung kegiatan Beladiri  Merpati Putih serta dibantu dan di damping oleh Serka Asngari sebagai pengendali kegiatan dilapangan, yang dibantu juga oleh Bapak Anang sebagai pelatih dari masyarakat.

Bertempat di gudang Garasi meriam Caesar dan likungan asrama Yonarmed 12 dilaksanakannya pengukuhkan dan penerimaan 12 anggota baru bintara dan tamtama sebagai pelaku dan peserta Beladiri Merpati Putih. Senin (4/2).

Kegiatan diawali dengan senam pemanasan, uji gerakan, uji pematahan (hebel 2 rangkap) tebasan bawah, datar tangan kanan kiri dan tebasan bawah tangan kanan kiri dan penyematan seragam merpati serta diakhiri dengan penyematan sabuk putih oleh bapak Anang selaku Pembina Merpati Putih.

“Dengan olahraga bela diri pencak silat Merpati Putih ini diharapkan dapat menjadikan prajurit Yonarmed 12 Kostrad menjadi pribadi yang berbudi luhur, patriotis, dan penuh semangat juang. Merpati Putih tidak sekadar mengajarkan ilmu bela diri yang hanya mengandalkan kekuatan fisik, namun juga mengajarkan berbagai gerakan olah tubuh dan olah nafas yang dapat menimbulkan efek positif bagi jiwa dan raga para prajurit, seperti munculnya rasa tenang, meningkatkan konsentrasi belajar, dan meningkatkan stamina”, terang Bayu.

Di sela sela kegiatan tersebut Komandan Batalyon, Mayor Arm Ronald F. Siwabessy menyampaikan bahwa dilaksanakannya  kegiatan agar dapat tercapainya target latihan. Selain itu, materi yang telah disampaikan oleh para Pembina perlu diuji agar para prajurit dapat menjadi pendekar Merpati Putih dan nantinya bisa mengembangkan dan melatihkan bela diri tersebut kepada seluruh prajurit Yonarmed 12 Kostrad setelah lulus pengukuhan.

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending