Connect with us

Menarmed 1

Latorsar, Optimalkan Fungsi dan Peran Perorangan Prajurit Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Sebagai salah satu satuan dengan Alutsista canggih dan modern meriam 155 mm Caesar, Yonarmed 12 Kostrad terus berupaya meningkatkan  kemampuan prajuritnya.

Seperti halnya kali ini, pada Triwulan I Progja TA. 2020, satuan di bawah pimpinan Letkol Arm Ronald, F. Siwabessy tersebut, menggelar latihan perorangan dasar (Latorsar) di tiap-tiap Baterainya. Ngawi, Rabu (12/2).

Perwira Seksi Operasi, Letda Arm Putra mengatakan, sesuai dengan program latihan standarisasi, kegiatan Latorsar ini berlangsung selama enam minggu. Latorsar, kata Putra, dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan dan keterampilan dasar prajurit sebelum melanjutkan pada tahap latihan berikutnya.

Latihan ini diikuti oleh seluruh bintara dan tamtama Yonarmed 12 Kostrad sesuai dengan tingkat kecakapannya masing-masing, ungkapnya.

Sementara itu, Danyonarmed 12 Kostrad, Letkol Arm Ronald, F. Siwabessy menambahkan, Latorsar merupakan latihan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan perorangan militer dasar prajurit dalam melaksanakan tugas-tugas tempur sesuai dengan fungsi serta perannya.

Latihan ini dilaksanakan berdasarkan tingkat kecakapan prajurit dalam menguasai teknis militer umum maupun kecabangan dengan mengacu pada ketentuan dalam BPUP 1 sampai dengan 7 Armed, terang Ronald.

Secara teknis, lanjut Almamater Akademi Militer Tahun 2002 ini, latihan yang berlangsung di satuannya saat ini telah sesuai dengan siklus latihan Armed. Latihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

“Latorsar ini merupakan bahan utama untuk mengoptimalkan fungsi dan peran dasar dari masing-masing perorangan prajurit di bawah kepemimpinannya. Penguasaan kemampuan dasar ini akan menjadi tolak ukur prajurit dalam optimalisasi pelaksanaan tugas pokok prajurit dan satuan,” tegasnya.

Terpisah, Danmenarmed 1 Kostrad Kolonel Arm Didik Harmono menambahkan, latihan merupakan bagian dari tanggung jawab moral seorang prajurit atas anggaran yang diberikan negara bagi kesejahteraannya.

Meningkatkan kemampuan serta keterampilan perorangan merupakan hal yang wajib bagi prajurit. Tentunya dalam mewujudkan prajurit yang handal dan profesional dalam melaksanakan tugas pokoknya, imbuh Kolonel Didik.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending