Connect with us

Divif 2 Kostrad

Brigif Para Raider 18

Latihan Penanggulangan Bencana Kebakaran Yonif Para Raider 502/Divif 2 Kostrad

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Menyikapi musim kemarau yang berkepanjangan saat ini dan berdampak pada kebakaran lahan di beberapa wilayah serta terjadinya insiden kebakaran di Instansi Negara beberapa waktu yang lalu, pada kesempatan ini Yonif Para Raider 502 Kostrad melaksanakan kegiatan Latihan Alarm Penanggulangan Bencana Kebakaran yang disimulasikan di sekitar lokasi Gudang Minyak Yonif Para Raider 502 Kostrad, Jabung, Malang. Kamis (27/9).

Kegiatan ini diikuti seluruh Prajurit Yonif Para Raider 502 Kostrad sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing kelompok yang sudah terbagi diantaranya kelompok pemadam, kelompok penyingkir dan kelompok pengaman.

Tindakan yang dilakukan dari ketiga kelompok yang sudah terbagi tersebut yaitu kelompok pemadam sebagai unsur yang bertindak dengan cepat memadamkan api pada titik terjadinya kebakaran dengan perlengkapan yang ada seperti ember, kain basah, pasir, tabung pemadam kebakaran serta truk tanki air yang ada di satuan.

Berikutnya pada saat bersamaan kelompok penyingkir bertugas untuk menyingkirkan barang berharga, dokumen penting, maupun kendaraan yang berada didekat sumber api. Kelompok pengaman bertugas mengamankan wilayah sekitar, lalulintas kendaraan serta mengawasi wilayah sekitaran tempat kejadian supaya tidak ada yang memanfaatkan situasi tersebut untuk keuntungan pribadi.

Disamping itu adapun kelompok petugas kesehatan yang bertugas mengevakuasi korban jika ada kerugian personel yang terluka akibat dari kebakaran tersebut.

Danyonif Para Raider 502 Kostrad Mayor Inf Roihan Hidayatullah,  menyampaikan kepada seluruh anggota bahwa latihan alarm kebakaran ini bertujuan untuk melatihkan tindakan seketika yang harus dilakukan oleh seluruh anggota Yonif Para Raider 502 Kostrad jika terjadi hal yang sesungguhnya dihadapkan dengan minimalnya ketersediaan air, angin yang memicu api menjadi lebih besar serta perlengkapan yang terbatas sampai petugas pemadam kebakaran dari Pemerintah Daerah sampai ke lokasi  kebakaran.

Dalam hal ini untuk menghindari terjadinya kebakaran, masing-masing individu baik itu Prajurit maupun seluruh keluarga yang ada harus memiliki pengetahuan tentang penyebab terjadinya kebakaran dari hal terkecil sampai hal yang berdampak besar.

Oleh karena itu Danyonif Para Raider menekankan kembali kepada seluruh personel Yonif Para Raider 502 Kostrad untuk melakukan tindakan pencegahan dini, deteksi dini dan memperhatikan tempat tinggal masing-masing. Serta jangan berasumsi bahwa hal yang dipandang sebelah mata tidak akan menimbulkan bencana. Sehingga dengan pengetahuan yang ada dan tindakan pencegahan dilakukan tersebut diharapkan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya khususnya di lingkungan Yonif Para Raider 502 Kostrad.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending