Connect with us

Menarmed 1

Latih dan Pelihara Kemampuan Teritorial, Yonarmed 1/Divif 2 Kostrad Laksanakan Pembekalan Teori dan Praktek Komunikasi Sosial

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Teritorial merupakan salah satu tugas utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang tertulis dalam Doktrin Kartika Eka Paksi (KEP), maka dari itu sudah sewajarnya setiap prajurit TNI AD menguasai dan terampil dalam mempraktekan tugas di bidang tersebut.

Untuk dapat mencapai kompetensi tersebut diperlukan latihan sekaligus pemeliharaan yang dilakukan secara _continue_ dan bertahap serta bertingkat. Hal tersebut lah yang sekarang sedang giat-giat nya dilakukan oleh Yonarmed Roket Ajusta lewat Program Latihan Siklus Siap Operasi atau yang disingkat Proglatsiops. Sebuah terobosan dari Staf Latihan Angkatan Darat (Slatad) untuk mempersiapkan jajarannya dalam menghadapi tugas operasi. Jumat (5/3).

Di pagi hari yang masih diselumuti ketenangan dan dinginnya cuaca Singasari, 23 orang prajurit Roket Kostrad Ajusta yang dipimpin oleh Letnan Dua (Letda) Arm Ulum bergegas mempersiapkan diri untuk siap berangkat melaksanakan salah satu metode pembinaan teritorial yaitu komunikasi sosial (Komsos) lewat kegiatan Anjangsana. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan Komsos prajurit agar siap saat pelaksanaan tugas operasi pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-RDTL yang direncanakan pada bulan November 2021 nanti.

Sasaran dari kegiatan tersebut mulai dari Lurah Candi Renggo, Pondok Pesantren (Ponpes) Bilingual An Nur Singosari, para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Rumah ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Singosari dan rumah Pak RW di daerah binaan Yonarmed 1 Kostrad.

“Para prajurit tersebut mengemban tugas dan tanggung jawab untuk dapat memenangkan hati dan pikirin masyarakat, salah satu fondasi utama perang gerilya yang dibuat oleh para _Founding Fathers_ kita. Maka dari itu walaupun terkesan seperti biasa saja namun hal tersebut sebenarnya amat penting dan krusial dalam menunjang Tugas Pokok TNI AD,” tegas Danyonarmed Ajusta, Letkol Arm Lukas Sormin.

Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan lancar dan baik oleh prajurit Yonarmed 1 Kostrad dibawah pimpinan Letnan Ulum. Setelah para prajurit melaksanakan Anjangsana, kegiatan pun ditutup dengan pelaksanaan ibadah di Masjid An Nur Kel. Candirenggo.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending