Connect with us

Menarmed 1

Kunjungi Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Tim Wasrik Post Audit Itkostrad Gelar Fungsi Pengawasan Dan Pemeriksaan

Diterbitkan

pada

Pendiv2 –  Salah satu fungsi manajemen yang perlu dilaksanakan guna meningkatkan pencapaian tugas pokok dan fungsi organisasi agar selalu berada pada arah dan sasaran yang telah ditetapkan adalah pemeriksaan dan pengawasan program kerja.

Demikian disampaikan Irutben, Kolonel Inf Agus Wuryanto Setiawan selaku Katim saat melaksanakan kegiatan Wasrik Post Audit Itkostrad di Yonarmed 12 Kostrad, Rabu (7/4).

Kegiatan wasrik yang digelarnya kali ini, terang Kolonel Agus  bertujuan untuk melaksanakan fungsi pengawasan dan pemeriksaan terhadap kinerja organisasi, perbendaharaan serta keuangan, yang merupakan bagian penting dan tidak dapat dipisahkan dalam sistem manajemen organisasi modern.

Pemeriksaan ini merupakan langkah nyata dalam rangka mewujudkan satuan yang profesional dengan tata kelola manajemen serta administrasi anggaran yang tertib dan akuntabel yang diprioritaskan pada pemeriksaan tertib administrasi pelaksanaan program kerja dan pengelolaan anggaran baik pada program kerja yang sudah dilaksanakan maupun dalam tahap berjalan, ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Danyonarmed 12 Kostrad Letkol Arm Ronald F Siwabessy mengatakan, kegiatan Wasrik merupakan upaya pimpinan dalam rangka meningkatkan profesionalisme kinerja di satuan.

Tidak hanya dalam pelaksanaan tugas pokok serta program kerja dan anggaran semata, namun upaya optimalisasi pengawasan terhadap penegakan tata kelola organisasipun menjadi salah satu prioritas utama, jelasnya.

Menurut Ronald, Wasrik juga merupakan salah satu upaya untuk membantu para Dansat dalam mengukur dan mengevaluasi pelaksanaan tugas serta fungsi yang telah dijalankan sesuai dengan program yang telah disusun sebelumnya.

Itu artinya, setiap kegiatan yang menyangkut anggaran harus dapatnya dievaluasi, sehingga satuan mengetahui sejauh mana penyerapan anggaran dan pelaksanaannya berjalan sesuai dengan ketentuan dan program kerja satuan, imbuhnya.

Lebih lanjut, Pamen TNI AD kelahiran kota Ambon ini menilai bahwa profesional dalam penyelenggaraan dan tata kelola administrasi organisasi yang cermat, konsisten dan sesuai aturan merupakan salah satu faktor keberhasilan tugas pokok, terangnya.

Harapannya, melalui Wasrik  ini akan menjadi solusi dalam mengantisipasi serta cegah dini kemungkinan terjadinya penyimpangan  dalam manajemen organisasi, sekaligus akan  memberi kontribusi penting bagi satuan dalam optimalisasi pelaksanaan manajemen serta fungsi organisasi yang menganut transparansi dan akuntabilitas demi tercapainya tugas pokok, tegas  Ronald.

 

YOUTUBE

Facebook

Trending