Connect with us

Brigif Raider 9

Hari Raya Nyepi Prajurit Yonif Raider 509 Kostrad Laksanakan Ibadah

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Hari Raya Nyepi yang jatuh pada hari ini tanggal 7 Maret 2019 ini dirayakan oleh umat Hindu. Mereka memperingati hari kebesaran Agama Hindu dengan melakukan ritual persembahyangan di pura-pura.

Tidak mau ketinggalan, prajurit Yonif Raider 509 Kostrad yang beragama Hindu juga merayakan Hari Raya Nyepi di Pura Wirasatya Dharma. Pura yang berada di Markas Yonif Raider Raider 509 Kostrad ini tidak hanya diikuti prajurit saja, melainkan keluarga juga turut hadir untuk melaksanakan sembahyang bersama.

Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., Psc mengatakan bahwa hari raya nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Hindu Berdasarkan penanggalan/kalender Saka. Tahun Baru Saka dimulai dengan menyepi, tidak ada aktivitas seperti biasa.

“Prajurit Yonif Raider 509 Kostrad khususnya yang beragama Hindu melaksanakan ibadah di dalam pura dengan tujuan memohon kehadapan Tuhan, untuk mensucikan Bhuana Alit (Alam Manusia) dan Bhuana Agung (Alam Semesta),” kata Letkol Inf Wira M.

Danyonif Raider 509 Kostrad menambahkan Perayaan Nyepi sesungguhnya suasana seperti mati,  tidak ada kesibukan seperti hari biasa. Pada hari tersebut umat Hindu melaksanakan Catur Brata yaitu penyepian dari Amati Geni (tidak menghidupkan/menggunakan api), Amati Lelungan (tidak bepergian) dan Amati Lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

“Saya berharap prajurit Yonif Raider 509 Kostrad yang beragama Hindu dapat memanfaatkan momen ini sebagai halaman baru yang putih bersih dan suci serta memiliki kesiapan batin untuk menghadapi setiap tantangan kehidupan kedepannya,” imbuhnya.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending