Connect with us

Divif 2 Kostrad

Divif 2 Kostrad Selenggarakan UST Tingkat Kompi/Baterai Batalyon BS

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Divisi Infanteri 2 Kostrad menyelenggarakan Latihan Uji Siap Tempur (UST) gabungan tingkat Kompi/Baterai yang diikuti oleh Batalyon BS (Berdiri Sendiri) jajaran Divif 2 Kostrad bertempat di Pusat Latihan dan Tempur (Puslatpur) Marinir 5 Baluran, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Rabu (25/9).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, diikuti Batalyon BS jajaran Divif 2 Kostrad antara lain, Yonkav 8/Divif 2 Kostrad, Yonarhanud 2/Divif 2 Kostrad, Yonzipur 10/Divif 2 Kostrad, Yonbekang 2/Divif 2 Kostrad, Yonkes 2/Divif 2 Kostrad dan Denpal Divif 2 Kostrad.

Uji Siap Tempur (UST) tingkat Kompi/Baterai dilaksanakan untuk mengukur tingkat kesiapan tempur Kompi/Baterai gabungan Batalyon BS Divif 2 Kostrad dalam menghadapi segala ancaman terhadap stabilitas nasional dalam rangka mempertahankan kedaulatan NKRI dan sekaligus menilai keberhasilan latihan satuan sebelumnya yang telah dilaksanakan sesuai dengan proglatsi, khususnya dibidang taktik dan tehnik bertempur, sehingga satuan setingkat Kompi/Baterai selalu siap setiap saat dalam melaksanakan tugas yang diberikan.

Pada mekanisme latihan dilaksanakan Gerak Maju Untuk Kontak (GMUK), serangan, pertahanan dan pemindahan ke belakang. Dalam tiap-tiap taktik tersebut, pelaksanaannya masing-masing kecabangan melaksanakan Gemuk, serangan, pertahanan dan pemindahan ke belakang sesuai dengan fungsi kecabangan masing-masing.

Sementara itu, Asisten Operasi Kasdivif 2 Kostrad Letkol Inf Septa Viandi Dwi, , S.I.P. selaku Wakil Komandan Latihan (Wadanlat) menyampaikan, “Mekanisme Uji Siap Tempur tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan dan kesiapan tempur Satuan tingkat Kompi/Baterai Batalyon BS Divif 2 Kostrad dalam suatu operasi,” pungkasnya.

“Selanjutnya, keberhasilan UST ini harus dapat diukur melalui parameter yang telah ditentukan dalam sasaran yang ingin dicapai, yaitu mahir dalam melaksanakan materi taktik tingkat Kompi/Baterai dalam tugas tempur, diperolehnya data kesiapan tempur Satuan tingkat Kompi/Baterai, terukurnya hasil pembinaan latihan yang telah dilaksanakan, serta diperolehnya data kemampuan Satuan dalam rangka penyelenggaraan latihan selanjutnya,” tutur Letkol Inf Septa Viandi Dwi, , S.I.P.

Letkol Inf Septa Viandi Dwi, , S.I.P. juga menekankan agar Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi/Baterai tidak dilaksanakan hanya sekedar melaksanakan program atau kegiatan rutinitas, namun harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh sebagai wahana bagi Satuan untuk menunjukkan performa dan kualitas kemampuan prajurit baik secara perorangan, kelompok dan satuan termasuk bagi para pejabatnya, sehingga diperoleh kesiapan operasional satuan secara lebih optimal dalam menghadapi tugas pokok.

YOUTUBE

Facebook

Trending