Connect with us

Divif 2 Kostrad

Denma Divif 2 Kostrad Bersama PMI Kota Malang Gelar Bakti Sosial Donor Darah di Madivif 2 Kostrad

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Ditengah pandemi virus Corona (COVID-19), Detasemen Markas Divisi Infanteri 2 Kostrad gencar melaksanakan kegiatan bakti sosial untuk mencegah penyebaran virus Corona maupun meringankan beban ekonomi masyarakat.

Kegiatan tersebut dilakukan antara lain mulai dari penyemprotan disinfektan, pembagian sembako dan masker gratis kepada masyarakat, hingga seperti yang berlangsung saat ini yaitu melaksanakan bakti sosial donor darah yang dilakukan di Gedung Sandoyo Divif 2 Kostrad, Singosari, Malang. Selasa (12/5).

Donor Darah ini dalam rangka membantu PMI Kota Malang guna mengantisipasi minimnya persediaan darah selama penanganan kasus COVID-19. Adanya program pembatasan sosial yang sedang dilakukan maka ketersediaan darah bisa berpengaruh. Aksi donor darah prajurit Denma Divif 2 Kostrad diharapkan bisa membantu PMI dalam rangka menjaga ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, banyak manfaat bagi kesehatan ketika melakukan donor darah. Diantaranya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko terkena kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, hingga membuat sehat secara psikologis dan memperpanjang usia.

Dandenma Divif 2 Kostrad Mayor Inf  Octavian Englana Partadimaja mengatakan, Kegiatan donor darah yang kita lakukan ini merupakan rangkaian yang bertujuan untuk membantu PMI membantu menyiapkan ketersediaan darah untuk membantu masyarakat ditengah pemberlakuan social distance pandemic Corona,” tuturnya.

Sementara itu Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P, M.Si, M.Tr (Han), menuturkan, “Manfaat donor darah sendiri dapat meningkatkan produksi sel darah merah, hal itu terjadi karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang,” tuturnya.

“Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar. Melalui sirkulasi sel darah yang rutin tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh dari berbagai serangan virus termasuk virus Corona,” pungkas Pangdivif 2 Kostrad.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending