Connect with us

Brigif Raider 9

Bersama Puskesmas Ubrub, Anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 509/Divif 2 Kostrad Berikan Penyuluhan

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Upaya mencegah dan antisipasi penyebaran virus corona diseluruh wilayah indonesia terus di galakkan termasuk di daerah perbatasan. Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad Pos Ubrub bersama Koramil, polsek dan personil Kesehatan dari Puskesmas Ubrub memberikan penyuluhan tentang bahaya virus corona dan upaya pencegahanya di wilayah Distrik Web, Kab. Keerom, Papua. Minggu (4/4).

Danpos Ubrub Kapten Inf Abdul Katrup  mengatakan kegiatan tersebut dipimpin olehnya beserta 5 anggota, Penyuluhan dilakukan di beberapa Kampung yaitu Kampung Umuaf, Yamrab 1, dan Yamrab 2.

Sembari membagikan selebaran yang berisi tentang penjelasan virus corona, Katrup juga menjelaskan tentang cara penularan serta cara pencegahanya. Ia juga menjelaskan kepada setiap warganya dari rumah ke rumah agar seluruh warga mengerti cara mengantisipasi jika terdapat sakit dengan gejala yang mengarah infeksi virus corona dan untuk segera berobat ke Puskesmas.

Katrup juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan tidak bepergian keluar rumah sampai wabah virus corona benar benar dinyatakan sudah hilang. “Menjaga jarak antara satu orang ke orang lain. Di samping tetap menjaga kebersihan diri maupun lingkungan dan selalu rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun setelah melakukan suatu kegiatan,” katanya saat memberikan penyuluhan.

“Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, karena masih banyak yang tidak paham dan resah dengan berita yang diterima oleh masyarakat membuat mereka panik mengingat di kampung tersebut masih dikatakan sebagai kampung pedalaman Papua. Sangat jarang yang mempunyai sarana komunikasi seperti televisi maupun telepon selular untuk mencari tahu tentang virus corona,” tambahnya.

Dr.Kurnia Mappadang (Ketua Tim kesehatan dari Puskesmas Ubrub) juga menjelaskan kepada warga tentang apa itu virua corona, indikasi/ gejala-gejala jika seseorang telah terinfeksi virus corona, seperti batuk, tenggorokan terasa sakit, sesak nafas serta demam. Oleh karena itu masyarakat dianjurkan untuk memakai masker bagi yang sakit maupun bagi yang sehat ketika keluar rumah.   jika ada salah satu anggota keluarga yang merasakan gejala tersebut agar langsung berkonsultasi ke Puskesmas Ubrub untuk  segera mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Di lain tempat, Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., PSc mengatakan bahwa personel Satgas Pamtas selain bertugas menjaga pengamanan perbatasan juga melaksanakan tugas-tugas lain Seperti tugas perbantuan kepada Pemerintah setempat, tugas Sosial kemanusiaan terutama bidang pendidikan dan kesehatan.

Hal tersebut dimaksudkan untuk tercipta hubungan yang harmonis antara anggota Satgas dengan aparat setempat dan masyarakat perbatasan. Apalagi saat ini seluruhnya kita berperang melawan virus corona, agar masyarakat juga ikut berperan dalam upaya menekan penyebaran (Covid-19).

“Mari kita sama-sama berdoa Semoga kita semua terhindar dari virus corona dan penyebarannya segera dapat dikendalikan dan cepat mereda,” ujar Dansatgas.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending