Connect with us

Menarmed 1

Angicipi Peduli Sesama di Tengah Covid-19, Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad Laksanakan Kegiatan Donor Darah

Diterbitkan

pada

Pendiv2 – Serangkaian kegiatan dalam rangka perang melawan virus Corona di Yonarmed 12 Kostrad terus bergulir.  Tidak hanya dalam upaya mencegah serta memutus rantai penyebaran Covid-19 semata, bahkan satuan dibawah kendali Letkol Arm Ronald F Siwabessy ini juga menggelar berbagai aksi peduli terhadap sesama.

Seperti halnya kegiatan yang digelar pagi ini. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI)  kabupaten Ngawi, puluhan prajurit Yonarmed 12 Kostrad melaksanakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Makoyonarmed 12 Kostrad, Ngawi. Senin (20/4).

Danyonarmed 12 Kostrad Letkol Arm Ronald F Siwabessy menjelaskan, seiring dengan mewabahnya SARS-CoV-2 atau yang dikenal dengan virus Corona di sejumlah daerah di Indonesia telah menimbulkan dampak stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) semakin menipis.

Menyingkapi situasi tersebut, jelas Ronald tentu saja Yonarmed 12 Kostrad tidak hanya berpangku tangan. Keberadaan kami tidak hanya dalam menjaga keamanan, namun dapat  berguna dan bermanfaat dalam mengatasi kesulitan masyarakat.

“Untuk itulah kegiatan donor darah ini digelar sebagai wujud kepedulian kami kepada sesama yang membutuhkan pertolongan yang kita kemas dalam Angicipi Peduli Sesama di tengah Covid-19,” terangnya.

Senada, Dr. Rosyid SP. PA selaku kepala unit transfusi darah PMI kabupaten Ngawi menyampaikan, saat ini ketersediaan stok darah memang berkurang secara drastis, sedangkan kebutuhan transfusi darah justru semakin meningkat.

Disamping  penerapan physical distancing dan pembatasan aktivitas di luar rumah, menurut Rosyid sejak mewabahnya Covid-19  masyarakat juga masih mempertanyakan apakah kegiatan donor darah aman untuk kesehatan. Hal tersebut tentu saja membuat banyak kegiatan donor darah terhenti.

“Mendonorkan darah di saat wabah Covid-19 sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena prosedur selama donor darah sudah diatur dan diupayakan seaman mungkin dan dilaksanakan dengan ekstra hati-hati,” bebernya.

Lebih lanjut, Almamater Akademi Militer Tahun 2002 ini menambahkan, mekanisme kegiatan donor darah kali ini, memang tidak seperti biasanya. Palang Merah Indonesia (PMI) sendiri telah mengeluarkan protokol agar donor darah saat pandemi Covid-19 tetap aman.

Sebelum melakukan donor prajurit harus mengikuti prosedur pencegahan penularan virus Corona (Covid-19).  Tidak hanya  pengecekan suhu tubuh,  mencuci tangan serta menjalani pemeriksaan kesehatan. Penerapan physical distancing selama proses donor darah juga menjadi hal yang wajib, imbuhnya.

“Mari jadikan momen spesial ini tidak hanya sebagai langkah dalam meningkatkan rasa empati kita terhadap sesama semata, namun akan memberikan wawasan kepada masyarakat bahwa mendonorkan darah ditengah prahara wabah virus Corona yang masih berkembang sampai saat ini tetap aman,” tegas putra kelahiran kota Ambon ini.

Terpisah, Danmenarmed 1/Divif 2 Kostrad Kolonel Arm Didik Harmono menyambut positif kegiatan yang digelar satuan jajarannya ini. Bhakti sosial donor darah merupakan salah satu wujud pengabdian TNI kepada rakyat.

“Tidak hanya semakin meningkatkan kesadaran dan jiwa sosial prajurit saja, harapannya kegiatan ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk semakin peduli terhadap sesamanya,” tandas Kolonel Didik.

 

Panglima Divif 2 Kostrad

YOUTUBE

Facebook

Trending